7 Tips Sukses Melakukan Social Media Marketing

by - 20.38

Related image

Media sosial marketing adalah satu diantara cara promo (pemasaran) produk atau layanan dengan manfaatkan basis sosial media. Di Indonesia sendiri, ada 12 basis sosial media yang dipakai.

Media sosial marketing adalah satu diantara langkah untuk paling efisien untuk pasarkan usaha online kamu. Media sosial marketing memberi banyak faedah buat satu usaha, salah satunya tingkatkan popularitas produk, mempermudah kamu untuk memperoleh konsumen setia baru, tingkatkan pengunjung web serta rangking pada mesin penelusuran, serta mengawasi jalinan baik serta kenikmatan konsumen setia.

Tidak cuma itu, Sprout Social menjelaskan, 75% beberapa orang akan lakukan pembelian sesudah lihat satu produk lewat sosial media.

Media sosial marketing jasa pengelola website harus dikerjakan dengan benar, bila mengerjakannya lewat cara yang salah, maka menyebabkan negatif pada usaha kamu. Tersebut 7 panduan lakukan media sosial marketing:

1. Analisa Client 
Waktu lakukan media sosial marketing, kamu tak perlu memakai semua basis. Pakai satu diantara basis yang seringkali dipakai oleh tujuan client kamu.

Instagram pas kamu pakai jika tujuan audience kamu mempunyai umur yang relatif muda serta memiliki mode usaha B2C (business to konsumen).

Tetapi, bila tujuan client kamu kelompok profesional serta memiliki usaha mode B2B (business to business), Facebook serta Linkedin bisa menjadi pilihan yang pas untuk berpromosi.

2. Buat Goals atau arah yang Jelas 
Saat kamu lakukan media sosial marketing untuk kali pertamanya mungkin kamu bingung arah seperti apa yang perlu kamu raih. Arah lakukan taktik ini bisa berbentuk mencari calon client yang baru serta membuat jalinan dengan konsumen kamu, meningkatkan trafik web atau tingkatkan merek awareness.

Dengan arah yang pasti, maka memudahkan kamu untuk mengerjakannya.

Contohnya kamu sudah memutuskan arah pemasaran ini untuk tingkatkan merek awareness. Hingga waktu mengerjakannya, kamu harus membuat content yang dapat tunjukkan merk (merek) kamu.

3. Analisis Pesaing 
Sekarang ini tidak cuma kamu yang lakukan media sosial marketing, dan juga banyak pesaing kamu yang mengerjakannya.

Supaya taktik yang dipakai lebih unggul dari kompetitor-kompetitor kamu, karena itu kamu harus juga tahu taktik yang sudah mereka kerjakan.

Cari info serta analisa sosial media yang mereka pakai, kata kunci (keyword), hashtag, sampai ide content yang mereka gunakan. Tapi kamu harus ingat, mencari tahu bukan bermakna mengambil inspirasi pesaing.

Tools yang dapat kamu pakai untuk menganalisis pesaing yakni UberSuggest.

Sesudah mencari tahu taktik pesaing, upayakan media sosial marketing yang kamu kerjakan lebih baik (unggul) dibandingkan pesaing.

4. Buat Content yang Berkaitan serta Menarik 
Sesudah lakukan analisa client, mempunyai arah yang pasti, serta analisa pesaing. Saat ini waktunya kamu membuat content yang berkaitan serta menarik untuk media sosial marketing kamu.

Tersebut panduan membuat content supaya lebih berkaitan serta menarik:

  • Pikirkan tema yang sesuai niche usaha kamu. 
  • Buat content sesuai arah promo. 
  • Janganlah terlalu berlebih membuat content yang lakukan penjualan. 
  • Janganlah sering lakukan posting. 
  • Content harus dapat menjawab keperluan tujuan client kamu. 

5. Tetapkan Waktu Posting yang Pas 
Waktu posting di sosial media hal yang butuh kamu lihat. Sering lakukan posting akan membuat calon client kamu jemu (dapat lakukan unfollowing), tetapi jarang-jarang lakukan posting akan membuat calon client tidak yakin dengan usaha kamu.

Kerjakan posting pada sosial media minimum 3 sampai 4 kali tiap minggunya. Diluar itu, ada ketentuan waktu (jam) yang pas serta tidak pas untuk lakukan posting, lihat gambar berikut ini:

6. Gunakan Ads 
Media sosial marketing bukan sekedar dikerjakan pada satu diantara aplikasi sosial media saja. Tetapi kamu dapat manfaatkan service ads pada semasing basis sosial media. Maksudnya ialah untuk tingkatkan jangkauan posting sosial media kamu.

Ada banyak sosial media yang menyiapkan service ads, seperti Facebook Ads, Instagram Ads, Twitter Ads, serta LinkedIn Ads.

7. Kerjakan Pelajari 
Langkah paling akhir yang butuh kamu kerjakan ialah menilai perform sosial media marketing yang sudah kamu kerjakan. Pelajari ini mempunyai tujuan untuk tingkatkan perform media sosial marketing yang akan kamu kerjakan selanjutnya.

Kamu dapat lihat apa yang butuh dipertahankan serta apa yang butuh dinaikkan berdasar pada beberapa hal yang sudah kamu kerjakan.

Bagaimanakah cara mengerjakannya? Kamu dapat lihat posting mana yang mempunyai engagement tertinggi. Tidak cuma itu, kamu dapat juga ambil peluang untuk berhubungan dengan pengikut kamu, contohnya dengan membuat event bertanya jawab memakai fitur-fitur pada sosial media.

Lakukan media sosial marketing penting buat usaha kamu. Whello jadi agensi digital marketing menyiapkan layanan media sosial marketing yang efisien untuk usaha kamu. Hubungi Whello lewat kotak kometar untuk tahu selanjutnya.

You May Also Like

0 komentar